Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apindo Kaltim Tawarkan Kolaborasi dengan Pihak Luar Terkait Pembangunan IKN

Para pengusaha lokal di daerah siap bekerja sama dalam memfasilitasi sejumlah pihak khususnya pengusaha.
Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan, Balikpapan, Kaltim./Antara
Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan, Balikpapan, Kaltim./Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Timur (Kaltim) menyatakan kesiapan berkolaborasi dengan sejumlah pihak dari luar Kaltim dalam mengawal kontribusi dunia usaha dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Ketua DPP Apindo Kaltim M Slamet Brotosiswoyo menyatakan para pengusaha lokal di daerah siap bekerja sama dalam memfasilitasi sejumlah pihak khususnya pengusaha, seperti penyediaan SDM yang tersertifikat, permodalan, peralatan hingga penyediaan bahan bakar.

“Kalau ada pengusaha butuh solar, datang ke Apindo kita akan bantu komunikasikan dengan Medco untuk dapat harga bersaing,” ujarnya, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, pengusaha di Kaltim dinilai terus bergerak maju di tengah kondisi pemulihan Covid-19 dengan manajemen yang baik dalam meningkatkan daya saing dengan pengusaha dari luar Kaltim.

Dari sisi permodalan, Slamet menyebutkan beberapa bank di Kaltim siap mengucurkan kredit yang akan dimanfaatkan pengusaha dalam mendukung bisnisnya di tengah pembangunan IKN.

“Jangan dianggap buntu pengusaha di Kaltim nggak bisa bergerak. Pembangunan saat ini kita maklum karena progress-nya harus cepat, tapi untuk hal-hal kecil bisalah diberikan porsi kepada pengusaha daerah,” katanya.

Kemudian, dia menjelaskan Apindo Kaltim sudah berkoordinasi kepada seluruh anggota untuk menginventarisasi sejumlah usaha yang siap mendukung pembangunan IKN.

Dia mengungkapkan bahwa hasil inventarisasi kemampuan pengusaha Kaltim itu akan dilaporkan kepada pemerintah provinsi, dalam hal ini Gubernur Kaltim dan badan Otorita selaku pengelola IKN nantinya.

Adapun, dia berharap bahwa Badan Otorita IKN dapat melihat budaya industri yang ada pada daerah penyangga IKN, termasuk karakter dan keinginan dari pengusaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper