Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apindo Kaltim Tawarkan Kolaborasi dengan Pihak Luar Terkait Pembangunan IKN

Para pengusaha lokal di daerah siap bekerja sama dalam memfasilitasi sejumlah pihak khususnya pengusaha.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  12:18 WIB
Apindo Kaltim Tawarkan Kolaborasi dengan Pihak Luar Terkait Pembangunan IKN
Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan, Balikpapan, Kaltim. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Timur (Kaltim) menyatakan kesiapan berkolaborasi dengan sejumlah pihak dari luar Kaltim dalam mengawal kontribusi dunia usaha dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Ketua DPP Apindo Kaltim M Slamet Brotosiswoyo menyatakan para pengusaha lokal di daerah siap bekerja sama dalam memfasilitasi sejumlah pihak khususnya pengusaha, seperti penyediaan SDM yang tersertifikat, permodalan, peralatan hingga penyediaan bahan bakar.

“Kalau ada pengusaha butuh solar, datang ke Apindo kita akan bantu komunikasikan dengan Medco untuk dapat harga bersaing,” ujarnya, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, pengusaha di Kaltim dinilai terus bergerak maju di tengah kondisi pemulihan Covid-19 dengan manajemen yang baik dalam meningkatkan daya saing dengan pengusaha dari luar Kaltim.

Dari sisi permodalan, Slamet menyebutkan beberapa bank di Kaltim siap mengucurkan kredit yang akan dimanfaatkan pengusaha dalam mendukung bisnisnya di tengah pembangunan IKN.

“Jangan dianggap buntu pengusaha di Kaltim nggak bisa bergerak. Pembangunan saat ini kita maklum karena progress-nya harus cepat, tapi untuk hal-hal kecil bisalah diberikan porsi kepada pengusaha daerah,” katanya.

Kemudian, dia menjelaskan Apindo Kaltim sudah berkoordinasi kepada seluruh anggota untuk menginventarisasi sejumlah usaha yang siap mendukung pembangunan IKN.

Dia mengungkapkan bahwa hasil inventarisasi kemampuan pengusaha Kaltim itu akan dilaporkan kepada pemerintah provinsi, dalam hal ini Gubernur Kaltim dan badan Otorita selaku pengelola IKN nantinya.

Adapun, dia berharap bahwa Badan Otorita IKN dapat melihat budaya industri yang ada pada daerah penyangga IKN, termasuk karakter dan keinginan dari pengusaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apindo kalimantan timur IKN
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top