Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertama di IKN, Telkom Boyong Teknologi Terbaru Data Center

PT Telkom Indonesia Tb. (TLKM) memboyong teknologi terbarunya terkait data center ke IKN.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  23:59 WIB
Pertama di IKN, Telkom Boyong Teknologi Terbaru Data Center
Tampak depan gedung neuCentrIX Telkom Indonesia Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kamis (18/8/2022). - Bisnis/Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) membawa teknologi paling barunya ke wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tepatnya di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

Direktur Network dan IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko menyatakan digitalisasi di kawasan Sepaku merupakan bridging teknologi antara IKN dengan wilayah lain di Indonesia melalui neuCentrIX sebagai service data center colocation.

“Pembangunan micro edge data center ini yang pertama dan terdekat dengan IKN,” ujarnya saat peresmian neuCentrIX di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (18/8/2022).

Dia menambahkan penyediaan data center yang ada di Sepaku bertujuan untuk menyiapkan fondasi layanan digital yang ada di IKN yang didukung dengan komunitas digital atau Smart Village dan menunjang bisnis UMKM yang ada.

“Total 3700 UKM yang sudah dibina di Kalimantan,” katanya.

Menurutnya, pusat data ini akan terintegrasi ke dalam jaringan Telkom dan data center lainnya, yang terhubung dengan kabel bawah laut global di timur dan barat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan pelanggan dan pelaku bisnis, seperti layanan konektivitas dan digital di IKN.

Dia mengungkapkan terdapat enam akses kabel bawah laut yang ada di Kalimantan yang terkoneksi di seluruh ibu kota kabupaten, dimana kabel fiber Telkom telah terkoneksi secara nasional sebanyak 496 fiberisasi.

Kemudian, dia mengungkapkan bahwa ke depan akan ada 2 tapak data center di IKN dan ditargetkan Information & Communication Technology (ICT) akan berjalan di kuartal II/2024

Sementara itu, Komisaris Utama Telkom Indonesia Bambang Brodjonegoro memastikan IKN akan menjadi role model bagi kota lain di Indonesia khususnya dalam fase revolusi industri 4.0.

“Yang pasti membangun IKN bukan sekadar memindahkan pusat pemerintahan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom data center IKN
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top