Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Agri Pupuk Kaltim 2022, Ini Perbedaan Urea Prill dan Granul

PT Pupuk Kaltim merupakan salah satu produsen pupuk urea yang dibentuk dalam bentuk prill atau granul.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 23 Agustus 2022  |  13:53 WIB
Jelajah Agri Pupuk Kaltim 2022, Ini Perbedaan Urea Prill dan Granul
Penampakan urea granul. - Bisnis Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG – Salah satu jenis pupuk yang dihasilkan oleh PT Pupuk Kaltim adalah urea. Urea dibuat dari reaksi antara amoniak dan karbondioksida menjadi bentuk urea padat, dalam bentuk prill atau granul.

Foreman Urea Pabrik 4 PKT Zainul Arifin mengatakan bahwa urea prill memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan urea granul. Sesuai ukurannya, urea prill berada pada kisaran 1 mm -3,35 mm sementara urea granul antara 2-4,75 mm.

“Urea granul dibentuk melaui proses granulisasi dari amoniak dan karbondioksida untuk kemudian diayak untuk memisahkan ukuran yang lebih kecil,” tuturnya saat menerima kunjungan Tim Jelajah Agri Pupuk Kaltim, Selasa (22/8/2022).

Urea prill banyak digunakan untuk segmen tanaman pangan dan industri, sedangkan Urea granul lebih cocok untuk segmen perkebunan dan industri.

Karena kandungan nitorgennya, urea bermanfaat untuk proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman sehingga daun akan terlihat lebih hijau dan rimbun.

Urea Pupuk Kaltim dipasarkan dengan merek dagang Daun Buah untuk sektor nonsubsidi, dengan butiran pupuk yang berwarna putih dan variasi kemasan antara lain 2 kg, 5 kg, 10 kg, 20 kg dan 50 kg. Adapun untuk urea bersubsidi disalurkan dengan merek dagang Pupuk Indonesia Holding Company, mempunyai butiran pupuk berwarna pink, dengan kemasan 50 kg.

Bisnis Indonesia bersama Pupuk Kaltim menggelar Program Jelajah Agri yang akan mengeksplorasi Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan pada 22-25 Agustus 2022 untuk melihat langsung peran pupuk bagi industri agri. Program ini juga didukung oleh Toyota dan PT Transkon Jaya Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim urea industri pupuk
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top