Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Awang Sebut Kaltim Terbuka untuk Transmigran

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyebut Benua Etam masih terbuka untuk program transmigrasi.
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak/Antara
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak/Antara

Kabar24.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyebut Kalimantan Timur alias Benua Etam masih terbuka untuk program transmigrasi.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan hingga saat ini Kaltim walaupun sudah dimekarkan dengan lahirnya Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), tetapi masih memiliki wilayah yang luas dengan potensi lahan yang besar pula.

Wilayah Benua Etam, ucapnya, masih terbuka untuk dilakukan kegiatan pertanian dalam arti luas. Bahkan, program itu masuk dalam program prioritas pembangunan daerah. Selain itu, program pembangunan dan pengembangan pertanian diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan. Sehingga, meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

"Potensi dan sumber daya lahan kita masih besar. Banyak kegiatan pertanian yang dapat dilakukan. Bahkan, Kaltim ini masih terbuka untuk program transmigrasi," ujar Awang seperti yang dikutip dari situs Pemprov, Rabu (10/2/2016).

Dia mengakui banyak wilayah Kaltim termasuk Kaltara yang telah maju berkat program transmigrasi. Kegiatan yang mendatangkan masyarakat dari luar daerah itu diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi daerah melalui kegiatan pertanian.

Program yang dilakukan pemerintah sejak era 1970an itu berkembang pesat bahkan mampu membentuk beberapa daerah baru yang memiliki potensi pertanian (sentra) di Kaltim.

Hingga saat ini ada beberapa daerah di Kaltim telah berkembang dengan sektor pertanian yang dilakukan peserta transmigrasi misalnya, transmigran dari Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, untuk mendukung pengembangan program nasional itu, Pemprov Kaltim telah melakukan kerjasama dengan beberapa pemerintah daerah untuk mendatangkan warganya ke Kaltim sebagai transmigran.

"Kehadiran peserta transmigran dari Jawa maupun daerah lainnya diharapkan mampu memacu pengembangan pertanian Kaltim. Apalagi, pemerintah sudah menetapkan pencapaian swasembada pangan. Kita harus mendukungnya," kata Awang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper