Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI Balikpapan Proyeksikan Kredit Produktif Tumbuh Kuartal III

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan mencatat pertumbuhan penyaluran kredit produktif yang stagnan sepanjang kuartal pertama 2017.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 26 April 2017  |  19:10 WIB
Penenun menyelesaikan tenun sarung adat - Antara/Jojon
Penenun menyelesaikan tenun sarung adat - Antara/Jojon

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan mencatat pertumbuhan penyaluran kredit produktif yang stagnan sepanjang kuartal pertama 2017.

Untuk kredit modal kerja, tercatat hanya tumbuh 0,23%. Sedangkan kredit investasi tumbuh -0,67%, sementara kredit konsumsi berhasil tumbuh hingga 3,69%.

Adapun besaran kredit yang tersalurkan secara keseluruhan mencapai Rp23,08 triliun, yang didominasi oleh secara sektoral oleh sektor perdagangan sebesar 22%.

Namun, Ketua Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kpwk BI Balikpapan Thomy Andryas mengatakan kredit konsumsi juga berperan besar dalam menggerakkan perekonomian daerah.

"Dari kredit konsumsi kan ada juga KPR, itu akan menggerakkan sektor properti yang otomatis juga menggerakkan sektor turunannya," jelasnya, Rabu (26/4/2017).

Menurutnya, besaran pangsa antara kredit konsumtif dengan kredit produktif di Balikpapan juga relatif wajar, alias nyaris sama banyak. Sehingga, kedua segmen tersebut sama-sama berperan penting dalam perekonomian daerah.

Khusus untuk kredit produktif, Thomy memproyeksikan segmen tersebut akan terkerek pada kuartal III dan IV, seiring dengan berjalannya pengembangan fisik kilang PT Pertamina (Persero).

"Pada kuartal pertama, pertumbuhan kredit produktif terbatas. Belum ada proyek yang menggerakkan pertumbuhan. Nanti pertengahan tahun kan pengembangan fisik kilang dimulai, saat itu juga kredit modal berpotensi terkatrol," tutup Thomy.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bi balikpapan
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top