Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Proyek Tol Samarinda-Bontang, Urusan Investor Diserahkan Pusat

Pemerintah provinsi Kalimantan Timur menyerahkan sepenuhnya urusan terkait dengan investor dan kajian rute tol Samarinda-Bontang kepada pemerintah pusat.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 September 2019  |  21:55 WIB
Ilustrasi jalan tol - Antarafoto
Ilustrasi jalan tol - Antarafoto

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah provinsi Kalimantan Timur menyerahkan sepenuhnya urusan terkait dengan investor dan kajian rute tol Samarinda-Bontang kepada pemerintah pusat.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi menjelaskan, dalam pembangunan jalan tol memang akan dilakukan pembagian porsi untuk segmen yang nantinya akan ditawarkan kepada investor. Namun untuk ketertarikan investor terhadap proyek ini, Hadi belum mengetahuinya.

“Nanti akan ada pembagian sektor yang ditawarkan. Soal investor, kami belum tahu, ini kan pusat yang mengerjakan. Biarlah pusat saja yang memutuskan,” jelasnya kepada Bisnis Selasa (17/9/2019).

Namun, Hadi optimitis bahwa rute tersebut akan tersambung karena telah dianggarkan untuk masuk program kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun depan.

“Kalau dari info menteri PUPR itu sudah direncanakan untuk masuk anggaran,”tekannya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) juga menyebutkan telah mempersiapkan trase lanjutan proyek jalan tol Balikpapan—Samarinda, yakni Samarinda—Bontang yang berpotensi untuk mulai ditenderkan pada tahun depan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan trase tersebut sudah disiapkan tetapi sejauh ini belum ada investor yang menawarkan diri sebagai pemrakarsa.

Dengan demikian, pihaknya akan meninjau terlebih dahulu terhadap rencana strategis Direktorat Jendral Bina Marga pada tahun depan.

Apabila dinilai layak, lanjut Danang, maka proyek tersebut akan masuk dalam program BPJT untuk ditenderkan secara langsung tanpa perlu adanya pemrakarsa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan timur jalan tol samarinda-bontang
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top