Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Duta Rupiah Diharapkan Dorong Generasi Muda Aktif Dalam Literasi Rupiah

Program Sekolah Peduli Rupiah oleh Bank Indonesia telah mencetak Duta Rupiah Balikpapan 2019.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 12 November 2019  |  21:47 WIB
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menuntaskan Program Sekolah Peduli Rupiah 2019. Program ini merupakan edukasi dan literasi tentang uang rupiah yang terdiri atas pengenalan ciri-ciri keaslian uang rupiah, dasar hukum mata uang, serta kebanksentralan kepada siswa dan siswi. - JIBI/Istimewa
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menuntaskan Program Sekolah Peduli Rupiah 2019. Program ini merupakan edukasi dan literasi tentang uang rupiah yang terdiri atas pengenalan ciri-ciri keaslian uang rupiah, dasar hukum mata uang, serta kebanksentralan kepada siswa dan siswi. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Program Sekolah Peduli Rupiah oleh Bank Indonesia telah mencetak Duta Rupiah Balikpapan 2019.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan Bimo Epyanto mengharapkan duta rupiah mampu mengajak generasi muda Kota Balikpapan untuk lebih peduli dan berperan aktif dalam meningkatkan literasi uang rupiah. Salah satunya adlaah melalui gerakan cinta rupiah.

“Generasi muda diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang akan memberikan pengaruh baik pada lingkungan sekitarnya dan tercipta persepsi atau mindset yang positif terhadap uang rupiah,” katanya, Selasa (12/11/2019).

Untuk Duta Rupiah, SMA Negeri 1 Balikpapan diwakili oleh Rafli Hutri Almufarid dan Kharisma Diva yang berhasil menyabet gelar Duta Rupiah Kota Balikpapan. Duta Rupiah Smansa telah berinisiatif membuat program yang unik dan kreatif dalam mengampanyekan cinta rupiah.

Program tersebut dibuat secara terintegrasi yang dimulai dari literasi yaitu kegiatan membaca buku rupiah yang dilanjutkan dengan Bicara (Bincang-bincang Rupiah) yang berupa edukasi rupiah dan tanya jawab dengan narasumber tim Duta Rupiah.

Selanjutnya, untuk lebih menghargai uang logam dan mengurangi uang lusuh, Duta Rupiah Smansa ini mempunyai program Berselog atau sedekah logam. Program ini mengumpulkan sedekah logam dari warga SMA Negeri 1 Balikpapan kemudian ditukarkan dengan uang lusuh pada toko terdekat untuk selanjutnya diteruskan penukarannya kepada Bank Indonesia.

Tujuannya adalah untuk mengurangi uang lusuh yang beredar. Setelah itu, uang yang telah ditukarkan ke Bank Indonesia kembali dibelanjakan barang kebutuhan pokok dan sebagian lagi disumbangkan kepada rekan-rekan di panti asuhan.

Perwakilan SMA Negeri 1 Balikpapan berpose bersama Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Balikpapan Imam Suja'i (delapan kanan) usai menyabet gelar First Place Sekolah Peduli Rupiah./JIBI-Istimewa

Pada saat pemberian bantuan mereka juga sekaligus mengedukasi teman-teman di Panti Asuhan mengenai 5J dan ciri-ciri keaslian uang rupiah (Cikur). Tak lupa, mereka juga membuat booth penukaran di sekolah untuk mengurangi uang lusuh yang beredar di lingkungan sekolah.

Sementara untuk lomba cerdas cermat, SMA Negeri 1 Balikpapan diwakili oleh Go Dilon Audris, Veronika Angella dan Vivian Felicia C.. Berbekal pengetahuan yang mengenai rupiah, kebanksentralan dan Inflasi, ketiganya berhasil  mengungguli keempat finalis lain dan menggondol gelar tersebut.

Adapun untuk dance, SMA Negeri 1 Balikpapan diwakili oleh Anastasia Jessica S, Aufa Defrianda, Diandra Novasha, Irzety Aulia Ahavara, Cleonny Felicia Roseline, Nora Alima dan Nurhadiansyah yang berhasil memperoleh Juara III.

Pelajar Pejuang Rupiah SMA Negeri 1 Balikpapan juga memperoleh titel prestisius 1st Place “Sekolah Peduli Rupiah”.

Adapun, perhelatan Sekolah Peduli Rupiah Balikpapan 2019 telah usai. Puncak dari acara yang dicanangkan pada tanggal 11 September tersebut adalah Grand Final Sekolah Peduli Rupiah.

Dalam Grand Final tersebut SMA Negeri 1 Balikpapan sukses menyabet 4 gelar sekaligus pada rangkaian Program Sekolah Peduli Rupiah Balikpapan 2019, yaitu 1st Place Juara Sekolah Peduli Rupiah, Duta Rupiah Balikpapan 2019, Juara 1 Cerdas Cermat Rupiah dan Juara 3 Dance Rupiah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia balikpapan
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top