Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tangkal Corona, Pemkab Paser Perketat Akses Masuk di Perbatasan

Pemerintah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur akan memperketat akses masuk di wilayah perbatasan yang terletak di tiga kecamatan guna mencegah penyebaran virus Corona.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  02:15 WIB
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser Amir Faisol. ANTARA - Arumanto
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser Amir Faisol. ANTARA - Arumanto

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, akan memperketat wilayah perbatasan yang menjadi pintu keluar dan masuk warga guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Ada tiga pintu masuk ke Kabupaten Paser yang akan dijaga petugas dengan memeriksa suhu warga baik yang masuk maupun keluar," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser Amir Faisol di Paser, Sabtu (28/3/2020).

Tiga wilayah perbatasan itu berada di masing-masing terletak di tiga kecamatan yakni Muara Komam, Long Kali, dan Kerang.

"Warga yang akan masuk akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas," ujarnya.

Alat pengecek suhu tubuh, kata Amir, sudah dipesan dan dalam waktu dekat akan segera digunakan. Dalam pemeriksaan di perbatasan ini, imbuhnya, Pemkab Paser akan melibatkan aparat keamanan dan tenaga medis Puskesmas setempat.

Amir menerangkan bahwa dalam pengecekan, petugas akan memerhatikan batas minimum suhu tubuh warga yang memasuki Kabupaten Paser. Untuk warga yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius akan dilakukan pengawasan.

Amir menyatakan bahwa langkah tersebut dilakukan untuk deteksi dini potensi risiko penyebaran Corona warga dari luar daerah.

Dari data monitoring Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Paser per Sabtu pukul 12.00 Wita, sebanyak 154 orang dalam pengamatan (ODP) dan 3 orang  pasien dalam Pengawasan (PDP). Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada kasus pasien positif Covid-19 di Paser.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan timur wilayah perbatasan Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top