Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiga Warga Positif Corona Balikpapan jadi Negatif, Tapi Belum Sembuh Total

Ketiganya masih harus melaewati masa observasi selama seminggu ke depan. Pemda Balikpapan akan menyiapkan tempat baru untuk menampung ODP dan PDP virus Corona.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 April 2020  |  16:11 WIB
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Balikpapan menerima laporan terbaru dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya. Hasilnya, tiga warga yang positif terpapar virus Corona (Covid-19) telah dinyatakan negatif setelah menjalani dua kali tes.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, mengatakan bahwa ketiganya berasal dari dua orang klaster Bogor, Jawa Barat dan satu orang klaster Jakarta Selatan. Mereka kini telah meninggalkan ruang isolasi di rumah sakit.

“Akan tetapi untuk sempurnanya mereka dinyatakan sembuh, mereka masih harus menjalani masa observasi selama 1 minggu. Karena demi kebaikan, kami tempatkan mereka di tempat observasi,” katanya di Rumah Jabatan Wali Kota, Jumat (3/4/2020).

Rizal menjelaskan bahwa berdasarkan laporan terbaru, pasien dalam pengawasan (PDP) di Balikpapan bertambah 2 orang menjadi 36. Orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.261 kasus. Pemerintah pun sedang menunggu hasil lab 34 uji swab dan 3 dalam proses pengiriman ke Surabaya.

Sementara itu embarkasi haji Balikpapan saat ini telah mendapat persetujuan dimanfaatkan untuk penanganan Corona.

“Karena itu pemerintah provinsi telah melakukan persiapan bersama UPT [unit pelaksana teknis] embarkasi dan dalam waktu dekat akan melakukan persiapan embarkasi haji Balikpapan dimanfaatkan untuk kepentingan pasien ODP [orang dalam pantauan] sampai tingkat PDP,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, mengatakan bahwa pasien yang negatif dua di antaranya menjalani observasi di rumah. Satu orang terakhir dipersiapkan ruang isolasi oleh perusahaannya.

“Pemantauan tetap dilakukan oleh dokter. Setelah itu pasien bisa kembali ke rumah kalau sudah betul-betul dinyatakan sembuh,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan Virus Corona
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top