Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Balsam Bakal Disambung ke Lokasi IKN

Pemerintah menargetkan jalan tol Balikpapan-Samarinda beroperasi penuh bulan ini.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 10 Juni 2020  |  20:16 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pemerintah menargetkan jalan tol Balikpapan-Samarinda beroperasi penuh bulan ini. Dari ruas yang ada, tinggal seksi I dan V dalam proses penyelesaian.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan bahwa berfungsinya tol pertama di Kalimantan ini menandai interkoneksi jalur darat.

“Kemudian juga ada perintah Menteri [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] untuk membangun jalan tol existing yang sudah ada sekarang untuk menyambung ke IKN [ibu kota negara baru, Penajam Paser Utara],” katanya saat konferensi virtual, Rabu (10/6/2020).

Danang menjelaskan bahwa telah menginstruksikan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal ini PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda (JBS) untuk mengkaji akses menuju IKN.

Rencana ini adalah bukti bahwa pemerintah tidak hanya selesai di tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Tujuan akhirnya adalah mengembangkan pembangunan di Borneo.

Adanya trans Kalimantan diharapkan membuat pemerintah daerah tidak lagi fokus menumbuhkan ekonomi pada sektor pertambangan.

“Gubernur sebelumnya Awang Faroek Ishak dan saat ini, Isran Noor juga getol menstimulasi non minyak. Kita harapkan setor perdagangan, industri, dan jasa itu betul-betul dikembamgkan dengan adanya jaringan jalan tol,” jelas Danang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan kaltim
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top