Pelarian Pasien Covid-19 Terhenti, Penumpang Sepesawat Diimbau Memeriksakan Diri

Kondisi pasien saat ini relatif baik, yakni kondisi fisiknya hanya capek, karena selama tiga hari ini dia berpindah-pindah tempat atau dalam pelarian.
Kadis Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyatakan, pasien positif Covid-19 berinisial Is (42) asal Jombang, Jatim saat ini dirawat di Rumah Isolasi Kota Pontianak./Antara
Kadis Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyatakan, pasien positif Covid-19 berinisial Is (42) asal Jombang, Jatim saat ini dirawat di Rumah Isolasi Kota Pontianak./Antara

Bisnis.com, PONTIANAK - Kadis Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyatakan, pasien positif COVID-19 berinisial Is (42) asal Jombang, Jatim saat ini dirawat di Rumah Isolasi Kota Pontianak.

"Kondisi pasien saat ini relatif baik, yakni kondisi fisiknya hanya capek, karena selama tiga hari ini dia berpindah-pindah tempat atau dalam pelarian," kata Sidiq Handanu di Pontianak, Kamis (6/8/2020).

Dia menjelaskan, pasien Is ini menjalani isolasi agar tidak menularkan virus corona tersebut ke orang lain.

"Langkah selanjutnya, kami akan menelusuri riwayat perjalanan pasien Is ini kemana saja. Selanjutnya akan dilakukan tes cepat terhadap siapa saja yang punya riwayat kontak dengan pasien itu, termasuk melakukan disenfektan pada daerah yang dilewatinya," ungkapnya.

Dia juga mengimbau, kepada seluruh penumpang maskapai Citilink pada 1 Agustus 2020 agar memeriksakan kesehatannya di Dinkes Kota Pontianak, dan lainnya, karena penumpang Citilink waktu itu menyebar di Kota Singkawang dan Sintang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan, mengatakan Is ditemukan oleh petugas kesehatan Pustu Jawa Tengah, Sri Mulyani berdasarkan informasi dari masyarakat.

"Mendapatkan informasi tersebut, saya didampingi Kapolsek Ambawang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak dan beberapa petugas medis, langsung meluncur ke lokasi. Rencananya tadi malam mau kita isolasi di Rasau Jaya. Namun, setelah berkoordinasi dengan Dinkes Kalbar dan Dinkes Kota Pontianak, akhirnya yang bersangkutan di isolasi di Kota Pontianak," kata Marijan.

Sebelumnya diinformasikan ada dua orang penumpang pesawat penerbangan dari Surabaya-Pontianak, Sabtu (1/8) yang menurut pemeriksaan PCR Untan positif COVID-19, yakni berinisial Mis (58) warga Kubu Raya, dan Is (42) warga Jombang, Jatim.

Is diinformasikan sempat menginap di Hotel Jeruju Baru, namun ketika dijemput untuk diisolasi di Rumah Isolasi Rusunawa Kota Pontianak yang bersangkutan telah meninggalkan hotel (melarikan diri).

Sebelumnya petugas kesehatan sempat melakukan kontak melalui handphone untuk informasi penjemputan, tapi setelah itu handphone yang bersangkutan tidak aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper