Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasien Covid-19 di Barito Timur Naik Terus, Fasilitas Isolasi Penuh

Pemkab Barito Timur melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 telah dan terus berupaya maksimal memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Desember 2020  |  13:58 WIB
Koordinator Bidang Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Barito Timur, Kalteng dr Jimmi WS Hutagalung - Antara/Habibullah
Koordinator Bidang Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Barito Timur, Kalteng dr Jimmi WS Hutagalung - Antara/Habibullah

Bisnis.com, JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, melaporkan kapasitas tempat isolasi pasien virus Corona di wilayah tersebut penuh.

Koordinator Bidang Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Barito Timurh dr Jimmi WS Hutagalung menjelaskan kondisi itu dipicu oleh laju penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 selama sepekan terakhir. "Tempat isolasi penuh, baik di RSUD Tamiang Layang, eks kantor Dinas Kesehatan dan rumah susun sewa sederhana," jelasnya, Sabtu (26/12/2020).

Untuk itu, masyarakat diharapkan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dengan disiplin, agar terhindar dari penularan Covid-19.

Dia menjelaskan RSUD Tamiang Layang menyediakan 16 tempat tidur sebagai ruang isolasi dengan kategori pasien darurat, kantor eks Dinas Kesehatan terdapat 35 tempat tidur dan di rusunawa terdapat 45 tempat tidur, artinya jumlah total pasien yang dirawat 96 saja. "Sehingga jika ada penambahan kasus maka kembali diarahkan untuk isolasi mandiri," katanya.

Pemkab Barito Timur melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 telah dan terus berupaya maksimal memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19.

Bidang Penanganan terus bekerja ekstra hingga tenaga kesehatan mulai kelelahan. Ini menjadi salah satu perhitungan dalam rencana membuka rekrutmen tenaga sukarela. Promosi terhadap kesadaran protokol kesehatan wajib dipatuhi warga, karena tingkat penularan Covid-19 semakin tinggi dan telah mencapai wilayah pelosok desa.

Pria yang menjabat sebagai Direktur RSUD Tamiang Layang itu menambahkan, setiap orang dari berbagai usia bisa terpapar Covid-19. Mencegahkan diri dari tertular Covid-19 merupakan upaya yang baik dan sangat membantu petugas kesehatan dan pemkab.

Pencegahan merupakan langkah yang sangat bijak, maka lebih baik mencegah dan tidak lalai terhadap protokol kesehatan. Apalagi mengahadapi perayaan Natal, warga hendaknya juga tidak kemana-mana guna membantu pemerintah memutus rantai penularan "Jadi kami mengharapkan kerja sama masyarakat supaya tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Jimmi WS Hutagalung.

Koordinator Pencegahan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Barito Timur dr Simon Biring mengakui memang diperlukan ruang tempat isolasi baru untuk menampung pasien Covid-19 yang baru nantinya, jika terjadi lonjakan kasus. "Kami berupaya agar ada lokasi atau tempat perawatan isolasi baru. Jika dilakukan penambahan, maka dilakukan penambahan pula pada tenaga kesehatan," katanya.

Penambahan ruang perawatan isolasi harus diimbangi dengan penambahan tenaga kesehatan, sehingga bisa memberikan pelayanan terhadap pasien Covid-19, baik bagian pencegahan maupun penanganan.

Ada beberapa usulan lokasi perawatan isolasi pasien Covid-19. Salah satunya wacana mess PT Maslapita di Desa Jaweten Kecamatan Dusun Timur. Lokasi tersebut belum dilakukan survei dan penilaian untuk kelayakannya dengan menyesuaikan protokol penanganan Covid-19.

"Untuk saat ini sangat diharapkan sekali kesadaran warga menerapkan protokol kesehatan. Jika terus bertambah, maka tenaga kesehatan akan ngos-ngosan karena pasien Covid-19 tidak sebanding dengan tenaga kesehatan," demikian Simon Biring.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalteng kalimantan tengah Virus Corona Covid-19

Sumber : Antara

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top