Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Omzet Restoran di Samarinda Naik hingga 50 Persen

Tahun ini alhamdulillah lebih meningkat, penjualan restoran meningkat cukup signifikan diatas 50 persen
Ilustrasi./Antara-Rivan Awal Lingga
Ilustrasi./Antara-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, SAMARINDA – Restoran di Samarinda mengalami kenaikan omzet yang signifikan selama masa Lebaran.

Manager Saroong Indonesia Taste Merie Rosita menyatakan pihaknya turut merasakan dampak ekonomi Lebaran 2021. “Tahun ini alhamdulillah lebih meningkat, penjualan restoran meningkat cukup signifikan diatas 50 persen,” ujarnya, Senin (17/5/2021).

Dia menambahkan, meskipun Saroong Indonesia baru dibuka 6 bulan yang lalu, tetapi peningkatan tersebut dapat dilihat dari usaha restoran lain yang berasal dari grup usaha yang sama.

“Kalau dari ruang lingkup grup, karena kita punya beberapa restoran yang telah buka tahun lalu memang lumayan meningkat, contohnya di Magara Cafe,” katanya.

Dia mengungkapkan bahwa peningkatan saat Lebaran tahun 2021 disebabkan oleh mulai masuknya beberapa investor di wilayah Samarinda dan beberapa perusahaan yang sudah beroperasi kembali.

“[Sekarang] mungkin karyawan karyawan yang sudah bekerja bisa. Kalau restoran dari segi entertain lebih dapat, kita lebih kena (diminati) oleh pekerja, kalau dulu kan orang di PHK bisa dibilang orang berhemat atau tidak mau spend uang banyak ya,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, kunjungan paling banyak berasal dari masyarakat lokal dan juga akibat dampak kebijakan pelarangan mudik daerah yang akhirnya membuat masyarakat melakukan aktivitas dalam kota.

“Kebijakan pemerintah cukup berpengaruh,” terangnya.

Adapun, Merie tidak dapat menyebutkan jumlah omzet yang meningkat, tetapi dibandingkan bulan puasa tahun lalu, terjadi peningkatan pendapatan.

“Dengan adanya Covid-19, lebih sedikit meningkat pada saat bulan puasa tahun lalu sekitar 40 persen. Lebaran ini berpengaruh sekali dibandingkan bulan sebelumnya, karena orang-orang mending keluar rumah cari udara,” pungkasnya.

Selain itu, menurut pantauan Bisnis terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada pusat perbelanjaan, khususnya yang menjual pakaian dan alat rumah tangga. Bisa dilihat, terjadi lonjakan pengunjung Mal Samarinda Citra Plaza di Samarinda yang menghabiskan waktunya untuk memenuhi mal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper