Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Bagikan Gratis Peralatan TV Digital, Ini Sasarannya

Pembagian tersebut sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial.
Televisi di kamar tidur./Istimewa
Televisi di kamar tidur./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan menyalurkan set top box (STB) gratis dalam rangka migrasi tv analog ke digital pada masyarakat miskin.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal menyatakan pembagian tersebut sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial, sehingga pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas sosial.

“Dari 90.695 calon penerima untuk tahap 1 ASO ini, sebanyak 29.368 penerima dialokasikan untuk daerah Kaltim-1,” ujarnya, Jum’at (7/8/2021).

Jika dirinci, pembagian STB untuk Kota Samarinda adalah sebanyak 7.219 penerima, Bontang 2.437 dan Kabupaten Kutai Kertanegara mencapi 19.712 penerima.

Dia menambahkan hal tersebut seiring dengan penerapan Analog Switch Off (ASO) pada tahap pertama tanggal 17 Agustus 2021 mendatang yang dimulai di lima provinsi tepatnya di 12 kabupaten/kota di Indonesia.

“Bangga dan beruntung Provinsi Kaltim termasuk dari lima provinsi terpilih untuk penerapan ASO ini pertama kali di Indonesia, tepatnya di kota Samarinda, kota Bontang dan Kabupaten Kutau Kertanegara yang kita sebut dengan zona Kaltim-1” katanya.

Faisal menjelaskan, kegunaan STB adalah menangkap siaran digital melalui smart televisi atau internet TV di semua siaran televisi di wilayah Kaltim-1 pada 17 Agustus 2021.

“Jika belum [memiliki] Smart TV maka dibutuhkan sebuah alat lagi untuk bisa menangkap siarannya yang disebut dengan STB yang nantinya akan dipasang antara antenna dan televisi,” jelasnya.

Kemudian, STB tersebut akan mengubah sinyal digital yang ditangkap oleh antenna menjadi analog yang kembali menyesuaikan dengan televisi analog masing-masing.

“Tak perlu ganti televisi lagi walaupun siarannya sudah digital semua, harganya tidak mahal dipasaran dan cukup sekali saja membelinya, sekarang saja sudah on air 17 dari 23 siaran televisi digital yang terdaftar di Kaltim-1 serta akan terus bertambah jumlah siaran digitalnya," kata Faisal.

Adapun, Faisal menuturkan hal itu akan membuat banyak pilihan bagi masyarakat untuk menikmati siaran televisi yang berkualitas secara gratis. “Khusus untuk warga miskin sesuai data DTKS juta akan mendapatkan STB secara cuma-cuma,”pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data komitmen STB hasil seleksi LPS penyelenggara multipleksing 2012–2014, terdapat 12 wilayah yang akan mendapat STB gratis, dimana MNC Group memiliki komitmen distribusi unit set top box (STB) terbanyak di lima wilayah yang bakal dipadamkan siaran televisi analognya.

Menurut catatan Bisnis, MNC Group mendapat jatah penyaluran STB sebanyak 305.055 unit untuk Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. Sedangkan, Transmedia sebanyak 2.500 unit. Viva Group, Metro TV dan EMTK (induk dari SCTV dan Indosiar) masing-masing sebanyak 627 unit,250 unit, dan 555 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper