Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kembangkan Potensi Wisata Olahraga, Pupuk Kaltim Gelar Fun Volley Malahing Cup 20222

Kegiatan ini berkolaborasi bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Bontang sebagai upaya menggeliatkan potensi pariwisata pesisir di Kampung Malahing.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 08 November 2022  |  08:59 WIB
Kembangkan Potensi Wisata Olahraga, Pupuk Kaltim Gelar Fun Volley Malahing Cup 20222
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar Fun Volley on the Sea Malahing Cup 2022 di Kampung Malahing Bontang Selatan pada 4-6 November 2022. - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG—Optimalkan dukungan dan pembinaan dalam pengembangan potensi wisata di kawasan pesisir Bontang, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar Fun Volley on the Sea Malahing Cup 2022 di Kampung Malahing Bontang Selatan. Kegiatan diikuti berbagai perwakilan tim dari kawasan pesisir Bontang seperti Gusung, Selambai, Tanjung Laut Indah, Berbas Pantai, Selangan, Tihi-tihi dan Bontang Kuala pada 4 - 6 November 2022.

VP TJSL Pupuk Kaltim Anggono Wijaya mengungkapkan kegiatan ini berkolaborasi bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang sebagai upaya menggeliatkan potensi pariwisata pesisir di Kampung Malahing. Dari kegiatan ini diharap pengelolaan wisata pesisir Kota Bontang semakin mendorong munculnya inovasi baru, baik dengan konsep wisata olahraga (sport tourism) maupun daya tarik pesisir lainnya.

"Kegiatan ini sekaligus upaya mengajak masyarakat turut serta menggerakkan sektor pariwisata di Kampung Malahing, sehingga dapat menarik minat wisatawan dari dalam maupun luar Bontang," ujar Anggono, Senin (7/11/2022).

Pada kesempatan itu Pupuk Kaltim turut menyalurkan bantuan infrastruktur pendukung pariwisata di Kampung Malahing, berupa satu unit cottage rumah atap daun nipah yang diberi nama Cottage Pelangi Jos, dua homestay rumah warga dan toilet disabilitas dengan total nilai Rp 523,4 Juta.

Bantuan ini bentuk kesinambungan pembinaan Pupuk Kaltim dalam mendorong terwujudnya pariwisata pesisir yang unggul di Kota Bontang, mengingat Kampung Malahing merupakan salah satu kawasan binaan perusahaan yang sengaja dikembangkan melalui konsep pemberdayaan masyarakat dan perbaikan lingkungan.

"Rumah Nipah dan homestay ini sengaja dibangun Pupuk Kaltim untuk memaksimalkan potensi wisata pesisir Malahing, sebagai fasilitas penginapan bagi wisatawan yang datang berkunjung," terang Anggono.

Mengingat pembinaan Kampung Malahing telah memasuki exit program di tahun 2022, diharap seluruh bantuan yang dialokasikan Pupuk Kaltim dapat dijaga dengan baik oleh pengelola pariwisata, sebagai aset yang bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan. Begitu pula dengan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat yang selama ini dibekali, diharap makin diasah serta dikembangkan melalui beragam inovasi agar makin berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Malahing.

"Semakin berkembangnya sektor pariwisata di Kampung Malahing, diharap turut meningkatkan kesejahteraan warga pesisir dengan memaksimalkan potensi dan keterampilan yang telah dibekali Pupuk Kaltim selama program pembinaan. Untuk itu, kami mengajak warga Bontang maupun luar daerah berkunjung dan menikmati beragam daya tarik yang dimiliki Kampung Malahing," tambah Anggono.

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar Fun Volley on the Sea Malahing Cup 2022 di Kampung Malahing Bontang Selatan pada 4-6 November 2022./JIBI-Istimewa

Ketua RT 30 Kampung Malahing Nasir Lakada menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesinambungan pembinaan Pupuk Kaltim dalam mendorong potensi kawasan pesisir tersebut sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Bontang.

Nasir menyebut peningkatan kapasitas masyarakat dan infrastruktur yang direalisasikan selama program pembinaan, telah memberikan wajah baru bagi Malahing yang lebih berdaya. Dimana berbagai potensi ekonomi muncul dan dikembangkan, sebagai peluang usaha baru warga Malahing yang selama ini hanya berprofesi sebagai nelayan.

"Seperti dengan kegiatan Fun Volley ini, memberikan dampak bagi pelaku usaha di Malahing untuk mendapatkan manfaat secara ekonomi melalui penjualan berbagai produk, disamping lebih mengenalkan potensi wisata pesisir yang dimiliki," ungkap Nasir.

Dirinya mengaku akan terus mendorong warga Malahing untuk mengembangkan kapasitas dan kreativitas dalam pengembangan usaha pasca dibina Pupuk Kaltim, utamanya pada sektor usaha makanan dan pengelolaan pariwisata agar lebih optimal. Termasuk menjaga aset bantuan yang disalurkan seperti cottage Rumah Nipah, sebagai ikon yang memiliki nilai sejarah bagi Kampung Malahing.

Dari mula dibangun hanya berdinding kayu dan beratapkan daun nipah, kini cottage rumah nipah bisa dimanfaatkan wisatawan sebagai fasilitas menginap dalam menikmati pemandangan laut yang menjadi daya tarik wisata pesisir Malahing. "Semangat ini akan terus kami tingkatkan, guna menyambut Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dan berharap Malahing dapat masuk nominasi 50 besar di Kemenparekraf," pungkas Nasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top