Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Kredit KURKaltim.com Senilai Rp31,16 Miliar per Kuartal I/2023

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui KURKaltim.com, mengalami peningkatan sehingga terealisasi Rp31,16 miliar.
Kredit Usaha Rakyat./Istimewa
Kredit Usaha Rakyat./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui KURKaltim.com, mengalami peningkatan, sehingga terealisasi Rp31,16 miliar per kuartal I/2023.

Kepala OJK Provinsi Kalimantan Timur Made Yoga Sudharma menyatakan program unggulan Tim Pengendalian dan Pengelolaan Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ini telah menyetujui 300 pengajuan KUR.

Secara paralel, program Kredit Kukar Idaman (KKI) dari TPAKD di kabupaten Kutai Kartanegara telah berhasil menyalurkan dana sebesar Rp6,63 miliar kepada 410 pelaku UMKM sektor perdagangan dan jasa. 

“Sejak kuartal IV/2022 hingga Kuartal I 2023, KKI tumbuh sebesar 52,67 persen secara kuartalan (quarter-to-quarter/qtq),” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (19/6/2023).

Menyusuri alur yang sama, di Kota Samarinda, program Kredit Berusaha, Beruntung, Berkah (Bertuah) telah menyalurkan Rp2,76 miliar kepada 130 debitur pelaku usaha produktif. 

Bertuah mencatat pertumbuhan sebesar 49,19 persen dalam periode yang sama. Namun, TPAKD di Kota Samarinda tidak hanya fokus pada penyaluran kredit. 

Pemkot Samarinda juga mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan melalui program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR). 

Program ini telah berhasil mencakup 26.408 pelajar, dengan dominasi pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 16.020 siswa, dan pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 4.515 siswa.

Kaltim saat ini memiliki satu TPAKD provinsi dan empat TPAKD kabupaten/kota, termasuk Samarinda, Bontang, Kukar, dan Berau yang menjadi simbol bagaimana TPAKD telah berperan aktif dalam menggerakkan ekonomi lokal dan mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah di provinsi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper