Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebocoran Pipa Air Baku Ganggu Pelayanan PTMB di Balikpapan

PTMB meminta maaf kepada masyarakat pelanggan dan berharap pekerjaan perbaikan dapat selesai sesegera mungkin.
Ilustrasi pengolahan air bersih./Bisnis.com
Ilustrasi pengolahan air bersih./Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) mengalami gangguan pelayanan air bersih akibat kebocoran pipa air baku 700 ducktail jalur IPAM Km 8. 

Menurut laman Instagram resmi @tirtamanuntungbalikpapan, kebocoran tersebut terjadi di belakang gudang pak akid di Km 12, dan diperkirakan membutuhkan waktu 1 x 24 jam untuk diperbaiki.

Akibat kebocoran ini, IPAM Km. 8 terpaksa berhenti beroperasi, sehingga sejumlah daerah di Balikpapan mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. 

PTMB meminta maaf kepada masyarakat pelanggan dan berharap pekerjaan perbaikan dapat selesai sesegera mungkin.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan kami berusaha keras untuk menyelesaikan masalah ini dengan cepat dan tepat. Kami juga mengimbau kepada pelanggan untuk menghemat penggunaan air bersih selama masa perbaikan,” dikutip dari akun @tirtamanuntungbalikpapan, Rabu (24/1/2024).

Kemudian, PTMB akan melakukan perbaikan pipa air baku pada hari Selasa, 23 Januari 2024, mulai pukul 08.00. 

Perbaikan ini akan dilakukan saat IPAM berproduksi 50 persen, namun jika terjadi stop produksi, maka perbaikan akan dilanjutkan pada pukul 12.00 setelah titik kebocoran ditemukan.

Di sisi lain, Direktur Operasional PTMB Anang Fadliansyah, mengatakan bahwa PTMB telah menerapkan pola produksi air bersih yang diharapkan menjadi lebih optimal, yaitu tiga hari kapasitas 100 persen dan satu hari kapasitas 50 persen.

“Kami mulai menerapkan pola ini sejak hari Sabtu kemarin, 20 Januari 2024. Kami berharap dengan pola ini, pasokan air bersih kepada seluruh pelanggan bisa mengalir lebih baik secara perlahan,” ujar Anang.

Anang juga menyampaikan bahwa bagi pelanggan yang membutuhkan layanan antar air bersih, dapat menghubungi layanan mobil tangki PTMB melalui Posko Tangki di Jalan MT. Haryono, depan Kantor Disdukcapil Balikpapan.

“Kami siap melayani permintaan pelanggan yang membutuhkan air bersih dengan mobil tangki. Kami juga menginformasikan kepada pelanggan yang aliran airnya masih belum mengalir dapat menghubungi 0542 878991 - 878992. Untuk diskusi lebih lanjut, bisa langsung ke Kantor Graha Tirta Manuntung Jl. Ruhui Rahayu 1 di pelayanan customer service,” jelas Anang.

Anang menambahkan bahwa ketinggian air di Waduk Manggar dan Waduk Teritip telah mengalami kenaikan sejak minggu lalu. 

Adapun beberapa wilayah yang mengalami gangguan distribusi air akibat kebocoran pipa air baku al. sepanjang Jalur KM.10 sampai dengan Rapak (Jalan Soekarno Hatta), Jl. MT. Haryono Rumah Sakit Umum, RSS Damai III, Komp.PGRI Damai III, Perum Kopri, Perum PT.HER Mandiri, Komp.Perusda, Komp. Bumi Sepinggan Baru, Komp.PLN Spala, Villa Damai Indah, Perum Depsos Ringroad, sepanjang jalan Syarifuddin Yoes, Perum. Daksa, 

Kemudian, sebagian Daerah di Batakan, Perum. WIKA, Sebagian Daun Village, Komp. Pemda BB, Boster AMD sungai Ampal, Perum H.Ruslan Gn.Guntur, Perum.Pelabuhan Gn.Guntur, Gn. SMD Strat I s/d Strat VI, Jl. Patimura, Jl.Kp.Timur, Jl.Wonorejo, Jl. Sumber Rejo, Jl. Kr.Rejo s/d gg.Buntu, Gg.Rohani, KM09 Komp.AD, KM08, Komp. Klaus Reppe, dan Komp.Bangun Reksa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler