Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Tahunan Kaltim Diprediksi Mencapai 2,5% di Akhir 2024

TPID Kaltim telah menyiapkan serangkaian inovasi dan kebijakan untuk menstabilkan harga, termasuk pembentukan Tim Early Warning System (EWS) Inflasi Kaltim.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Kalimantan Timur (Kaltim) mempertahankan proyeksi inflasi yang terkendali dengan target inflasi tahunan sekitar 2,5±1% pada tahun 2024.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim Budi Widihartanto menyatakan langkah-langkah mitigasi seperti penguatan rantai pasok dan sentra produksi nasional.

“Serta pelaksanaan program pengendalian inflasi oleh Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), diharapkan dapat menjaga arah ekonomi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (27/5/2024).

Dia menjelaskan TPID Kaltim telah menyiapkan serangkaian inovasi dan kebijakan untuk menstabilkan harga, termasuk pembentukan Tim Early Warning System (EWS) Inflasi Kaltim untuk memantau pergerakan harga mingguan dan merespons dengan operasi pasar dan insentif fiskal yang tepat sasaran.

“Potensi meningkatnya konsumsi masyarakat disebabkan membaiknya daya beli Rumah Tangga dan penambahan jumlah penduduk sebagai imbas dari mulai beroperasinya IKN sebagai pusat pemerintahan,” jelasnya. 

Naiknya tekanan inflasi, kata Budi, juga bersumber pada kenaikan beberapa komoditas administered price oleh pemerintah. 

Selain itu, kondisi cuaca yang tidak kondusif sehingga menyebabkan gangguan produksi dan rantai pasok pada komoditas kebutuhan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper