Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkop Luncurkan Kampung Digital di Samarinda

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan Kampung Digital di Samarinda Kalimantan Timur.
Ilustrasi/cdt.nd.edu
Ilustrasi/cdt.nd.edu

Bisnis.com, SAMARINDA-- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan Kampung Digital di Samarinda Kalimantan Timur.

Peluncuran ini sepenuhnya dibantu oleh PT Telkom yang bersinergi dengan pemerintah dalam digitalisasi produk UKM.

General Manager Mikro Bisnis PT Telkom, Adrian Sani Harahap mengatakan Kampung Digital merupakan program pemberdayaan dan pembinaan UKM oleh Telkom.

"Ada 3 C di Kampung Digital, yaitu Connectivity, Content dan Commerce. Sehingga para UKM bisa belajar aspek digital," kata Adrian, Kamis (4/5/2017).

Sumber dana dari APBN yang sangat terbatas untuk pengembangan UKM, membuat Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dengan BUMN seperti PT Telkom dan Kadin dalam memfasilitasi UKM.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Yuana Sutyowati mengatakan untuk membantu kampung digital, pihaknya telah menyalurkan dana APBN membayar honor konsultan bagi UKM selama 3 tahun.

"Kaltim merupakan daerah yang perdana menjalankan pendirian klinik bisnis bagi UKM yang sinergi dengan program PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) telah kami standarisasi," kata Yuana.

Dikatakan Yuana, saat ini sudah PLUT di 51 lokasi yang tersebar 24 provinsi dan 27 Kabupaten Kota. Dan, 88 Pemerintah Daerah yang tahap usulkan PLUT.

"Jadi, implementasi PLUT ini kita siapkan konsultan untuk UKM, pembiayaan, pemasaran dan tim IT. Tujuan akhirnya adalah bagaimana UKM bisa punya jaringan bisnis dengan pelaku bisnis lainnya seperti ritel modern, eksportir, trading house, hotel dan restaurant," kata Yuana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper