XL Axiata Gandeng Bakamla Dukung Desa Maritim di Nunukan

Kerja sama ini ditujukan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Nunukan dan pemanfaatan internet untuk perkembangan ekonomi.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 14 Agustus 2019  |  22:20 WIB
XL Axiata Gandeng Bakamla Dukung Desa Maritim di Nunukan
XL Axiata Tower di Jakarta. - Bisnis/Samdysara Saragih

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Sejak masuk ke wilayah Nunukan pada 2012, PT XL Axiata Tbk. telah berekspansi membangun lebih dari 30 Base Transceiver Station (BTS) termasuk 4 BTS 4G LTE dan hampir 20 BTS 3G.

Di wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini, emiten telekomunikasi tersebut menggandeng Badan Keamanan Laut (Bakamla) untuk program “Desa Maritim” di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) dengan mengimplementasikan teknologi digital.

Group Head XL Axiata Ragional Jabodetabek, Kalbar, Kaltim dan Kaltara Bambang Parikesit mengatakan perusahaan akan mengimplementasikan sejumlah program digital yang bisa diakses langsung oleh masyarakat setempat.

Program tersebut antara lain Laut Nusantara untuk meningkatkan produktivitas nelayan, Sisternet guna meningkatkan pemanfaatan saranan digital bagi kaum perempuan, serta Gerakan Donasi Kuota yang merupakan program dukungan bagi sekolah-sekolah agar bisa mengakses internet cepat untuk meningkatkan mutu belajar mengajar.

Adapun tujuan penyelenggaraan Desa Maritim adalah untuk membantu masyarakat, khususnya nelayan, dalam memberdayakan sumber daya manusianya, meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup, dan lingkungan, serta agar dapat menjadi mitra Bakamla dalam mendukung patroli laut untuk peningkatan keamanan dan keselamatan laut.

Dengan kerja sama ini, XL Axiata memberikan pelatihan penggunaan Aplikasi Laut Nusantara yang mereka bangun untuk para nelayan kecil di seluruh Indonesia.

“Implementasi semua program tersebut berlangsung pada 14 Agustus 2019 di Desa Balansiku, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara,” papar Bambang melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (14/8/2019).

Pelatihan aplikasi Laut Nusantara yang diberikan di Nunukan ini adalah versi terbaru hasil dari pengembangan teknologi sebelumnya. Versi ini lebih kaya fitur yang dapat dimanfaatkan nelayan untuk menghindari gagal tangkap dan kecelakaan kerja.

Adapun untuk Sisternet, warga setempat akan diajari keunggulan teknologi internet, ekonomi digital, serta potensi ekonomi di desa mareka masing-masing yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi digital/internet terutama dalam pasaran atau promosi.

Untuk Gerakan Donasi Kuota, XL Axiata siap memfasilitasi 17 sekolah setingkat SMU di Nunukan termasuk SMU yang ada di Pulau Sebatik dengan donasi kuota guna mengakses internet cepat dengan berbagai manfaatnya. Setiap sekolah akan mendapatkan kuota gratis 20GB setiap bulannya selama setahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, kaltara

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top