Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuaca Melambungkan Harga Pangan di Balikpapan

Saat ini pangan lokal sedang dihadapkan pada kondisi cuaca yang tidak mendukung, baik komoditas yang ditanam di Balikpapan maupun yang berasal dari kiriman luar daerah, sehingga terjadi lonjakan harga.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  20:45 WIB
Ilustrasi pengiriman bahan pokok antardaerah. - Antara
Ilustrasi pengiriman bahan pokok antardaerah. - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan memastikan stok pangan pertanian aman di tengah cuaca penghujan.

Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Heria Prisni mengatakan bahwa saat ini pangan lokal sedang dihadapkan pada kondisi cuaca yang tidak mendukung, baik komoditas yang ditanam di Balikpapan maupun yang berasal dari kiriman luar daerah, sehingga terjadi lonjakan harga.

“Karena cuaca begini, nah khususnya komoditi-komoditi tertentu yang berasal kiriman dari luar yang kurang dan juga panen di sini yang agak terpengaruh seperti cabai,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (12/1/2021).

Harga komoditas cabai sangat terpengaruh dengan cuaca penghujan. Bukan hanya keadaan yang basah sehingga menyebabkan sejumlah cabai menjadi busuk, juga diakibatkan kurangnya pasokan dari luar yang juga mengalami cuaca serupa.

“Dengan keadaan begini jadi akhirnya produksinya yang turun. Itu saja,” jelas Heria.

Heria menjelaskan harga yang sedikit terganggu juga disebabkan oleh petani yang turut menyesuaikan harga jual akibat kondisi cuaca ini. Dimana, produksi yang tadinya mencapai 20 ton dalam satu hektar, sekarang hanya tersisa separuhnya.

“Info dari kawan untuk tanaman cabai masih ada 17 Ha luas tanam, dengan kondisi musim penghujan sekitar 85 ton karena musim hujan membuat penyerbukan dan bunga cabe rontok sehingga produktivitasnya menurun,” katanya.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim pangan balikpapan
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top