Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Begini Persiapan BBTKLPP Kalsel

BBTKLPP Banjarbaru juga meminta semua stakeholder terkait agar memberikan edukasi, khususnya kepada masyarakat dengan tidak membakar hutan dan lahan.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 16 April 2021  |  16:28 WIB
Ilustrasi - Suasana kebakaran lahan gambut di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Rabu (30/1/2019). - ANTARA/Syifa Yulinnas
Ilustrasi - Suasana kebakaran lahan gambut di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Rabu (30/1/2019). - ANTARA/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, SAMARINDA — Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru, Kalimantan Selatan menyiapkan sejumlah langkah untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala BBTKLPP Banjarbaru Slamet Mulsiswanto mengatakan langkah antisipasi itu antara lain dengan menyiapkan peralatan dan anggaran analisis dampak kesehatan lingkungan.

“Kami telah menyiapkan peralatan dan SDM dalam meanalisis dampak kesehatan lingkungan salah satunya adalah Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) akibat kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kalimantan,” ujarnya dikutip dari Media Center Kalsel, Jumat (16/4/2021).

Dia menambahkan peralatan dan anggaran tersebut disiapkan sejak dini dengan berkoordinasi dan bekerja sama dengan dinas terkait penanganan karhutla.

“Kita lakukan dulu peremajaan alat dan SDM diberikan pelatihan peningkatan penanganan karhutla agar lebih berkompeten,” katanya.

Selain itu, Slamet mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan masker untuk berjaga-jaga apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan terjadinya kabut asap.

“Kami telah menyiapkan ribuan masker untuk jaga-jaga kalau terjadi kabut asap,” kata Supriyadi selaku Koordinator Bagian Tata Usaha BBTKLPP Banjarbaru.

Dia berharap semua stakeholder terkait dapat memberikan edukasi, khususnya kepada masyarakat dengan tidak membakar hutan dan lahan, mengingat dampak Karhutla yang sangat besar.

“Mudah-mudahan masyarakat Kalsel mengerti akan bahaya kebakaran hutan dan lahan serta kita bebas dari Karhutla dan Covid-19,” pungkasnya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kalimantan Selatan Karhutla Kalsel
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top