Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadan, Wagub Kaltim Imbau Pemerintah Kabupaten/Kota Gelar Pasar Murah

Wakil Gubernur Kalimantan Timur mendorong penyelenggaraan pasar murah di seluruh kabupaten dan kota di Kaltim menjelang Ramadan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Wakil Gubernur Kalimantan Timur mendorong penyelenggaraan pasar murah di seluruh kabupaten dan kota di Kaltim menjelang Ramadan.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyatakan pasar murah dapat memungkinkan masyarakat untuk memanfaatkan langsung komoditas bahan pokok, terutama bagi warga yang tinggal di daerah pelosok hingga pedalaman.

“Tujuan dari pasar murah adalah untuk memastikan harga terkendali dan memenuhi kebutuhan masyarakat, sekaligus menunjukkan isyarat harga kebutuhan pokok yang ditetapkan pemerintah,” katanya. 

Atas dasar itu, Hadi berharap agar pasar murah dapat dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota.

Kemudian, dia menekankan bahwa penyelenggaraan pasar murah merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam membantu masyarakat mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok yang dapat menyebabkan inflasi.

Menurutnya, pasar murah menjadi langkah strategis dalam menekan inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok, serta membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang murah dan terjangkau.

Dia berharap OPD terkait di masing-masing kabupaten/kota dapat bekerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti distributor, Bulog, dan ritel dagang, termasuk Pemkab dan Pemkot.

Adapun, dia turut mengimbau kepada masyarakat agar bijak dalam berbelanja dan mengendalikan konsumsi mereka serta tidak melakukan panic buying.

"Saya berpesan kepada masyarakat untuk mengendalikan konsumsi dan bijak dalam berbelanja, secukupnya saja, dan jangan panic buying," paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mengatakan Pemprov Kaltim menyelenggarakan pangan murah di Halaman Kantor Gubernur Kaltim yang diinisiasi oleh Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim.
 
"Terkait upaya pengendalian inflasi daerah di awal tahun 2023, dilaksanakan gerakan pangan murah yang digelar Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim mulai pukul 09.00 Wita sampai selesai," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper