Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Didorong Pengembangan Wisata Buaya Riska

Buaya Riska adalah buaya muara yang tinggal di hutan bakau di kawasan Sungai Mahakam, Kota Bontang.
Ambo Dalle dan buaya Riska./Ist
Ambo Dalle dan buaya Riska./Ist

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mengatakan bahwa potensi wisata buaya Riska yang viral di media sosial bisa dijadikan objek pariwisata, asalkan tetap mematuhi aturan yang ada. 

Buaya Riska adalah buaya muara yang tinggal di hutan bakau di kawasan Sungai Mahakam, Kota Bontang. Diketahui, buaya ini memiliki akun Youtube yang sudah memiliki sejuta subscriber.

“Mungkin ini bisa dijadikan objek pariwisata, asalkan kita tetap patuh pada aturan yang ada. Buaya ini merupakan makhluk yang berada di bawah pengawasan dan koordinasi dari BKSDA,” ujarnya baru-baru ini.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa pengembangan wisata buaya Riska harus dilakukan dengan hati-hati dan bertanggung jawab.

Dia mengungkapkan bahwa, habitat buaya Riska harus tetap terjaga dan tidak terganggu oleh aktivitas manusia. Dia juga menyarankan agar mencari solusi untuk masalah transportasi dan infrastruktur yang mendukung wisata tersebut.

“Saya tidak tahu apakah habitat buaya ini bisa dijadikan objek wisata, tapi mungkin bukan hanya Riska yang menjadi daya tarik. Ada hutan bakau dan mungkin objek lain yang bisa menarik pengunjung,” ungkapnya.

Dia menambahkan, cerita adalah bagian penting dari wisata ini, dan itu berkait dengan upaya memasarkan wisata ini.

Akmal mengusulkan agar membuat cerita tentang keturunan buaya, sejarahnya, dan lain sebagainya. 

Dia berharap agar masyarakat setempat dapat terlibat dalam menjaga kebersihan dan keamanan lokasi wisata tersebut, termasuk toilet yang representatif. 

“Yang perlu kita lakukan adalah mengemas cerita tentang buaya Riska ini dengan baik. Saat ini, kita sudah memiliki spot wisata yang bisa dimanfaatkan, dan kita perlu melibatkan masyarakat untuk menjaganya,” tuturnya.

Selain itu, dia juga berencana untuk menyediakan tempat untuk bersantai dan menikmati kopi yang enak.

“Ini adalah hal yang penting dalam wisata, karena kenyamanan dan kebutuhan dasar pengunjung harus diutamakan. Sekarang, kita perlu mencari tempat yang cocok untuk menjalankan konsep ini agar pengunjung bisa merasa nyaman,” paparnya.

Akmal optimistis bahwa wisata buaya Riska dapat menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kaltim. 

Dia mengklaim bahwa wisata ini memiliki keunikan tersendiri karena berpotensi menawarkan pengalaman melihat binatang buas dengan dikelola secara aman. 

“Ini adalah wisata untuk melihat binatang buas dengan cara aman, khususnya buaya muara yang menghuni kawasan ini. Kita perlu mengemasnya dengan baik sehingga pengunjung dapat melihat binatang ini dengan aman dan menyediakan perahu-perahu yang aman untuk perjalanan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler