Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelabuhan di KEK Maloy Uji Coba Operasional Maret 2020

Pembangunan pelabuhan di Kawasan Ekomoni Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK), akan mulai uji coba pengoperasiannya pada Maret 2020.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 November 2019  |  17:50 WIB
Rancangan Pelabuhan Maloy di Kalimantan Timur. - Istimewa
Rancangan Pelabuhan Maloy di Kalimantan Timur. - Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pembangunan pelabuhan di Kawasan Ekomoni Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK), akan mulai uji coba pengoperasiannya pada Maret 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur Salman Lumoindong mengatakan proyek yang didanai APBN tersebut sudah selesai dikerjakan.

Salman mengungkapkan kendati pelabuhan sudah selesai dikerjakan, masih ada pekerjaan yang harus digarap yaitu jalan pendekat dari pelabuhan yang panjangnya sekitar 400 meter.

“Sebetulnya jalan pendekat sudah ada, tetapi jalan tersebut melewati perkantoran KEK Maloy, sehingga tidak elok jalan tersebut dijadikan jalan pendekat, oleh karena itu perlu dibuatkan jalan. Maret 2020 akan mulai uji coba operasional," ungkapnya pada Selasa (19/11/2019).

Kondisi tersebut diambil dengan mempertimbangkan berbagai fasilitas yang sudah dibangun seperti jalan utama kawasan, sarana pelabuhan, jaringan listrik, perkantoran, dan telekomunikasi termasuk pembangunan sistem pengelolaan air minum (SPAM).

Keberadaan KEK MBTK nantinya bisa menjadi sarana pertumbuhan perekonomian di Kutai Timur dalam upaya melakukan hilirisasi guna peningkatan nilai tambah produk.

KEK Maloy akan menjadi kawasan ekonomi yang harus diwujudkan. Ini sebagai upaya mewujudkan transformasi ekonomi dari pengelolaan sumber daya alam (SDA) tidak terbarukan menjadi SDA terbarukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan timur kawasan ekonomi khusus kipi maloy
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top