Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Uang Keluar BI Kaltara Rp1,83 Triliun Sepanjang 2019

Secara tahunan, pada 2019 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltara tercatat mengalami net-outflow sebesar Rp1.831,50 miliar. Aliran uang tersebut tersebut sedikit di atas 2018.

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Sepanjang Desember 2019 arus uang keluar atau outflow dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara sebesar Rp647,19 miliar. Meningkat 23,69 persen dibandingkan Desember 2018.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Yufrizal mengatakan bahwa sementara arus uang masuk (inflow) mencapai Rp137,21 miliar. Meningkat 76,01 persen dari Desember 2018.

“Dengan demikian, pada Desember 2019 Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara mengalami net-outflow sebesar Rp509,98 miliar,” katanya melalui keterangan pers.

Berdasarkan sebarannya, Yufrizal menjelaskan bahwa nilai outflow di kas titipan BI di Tanjung Selor mencapai Rp40,03 miliar dan inflow sebesar Rp1,43 miliar.

Dengan begitu, arus uang kas titipan di Tanjung Selor mengalami net-outflow sebesar Rp38,58 miliar. Sejalan dengan bulan November 2019 yang juga mengalami net-outflow.

“Sementara itu kas titipan Bank Indonesia di Malinau juga mencatatkan outflow sebesar Rp70 miliar tanpa ada arus inflow sehingga secara keseluruhan membukukan net out-flow dengan jumlah yang sama,” jelasnya.

Di sisi lain, kondisi net-ouflow pada Desember 2019 baik di Kaltara maupun di kas titipan Tanjung Selor dan Malinau sesuai dengan prediksi sebelumnya. Ini diakibatkan pencairan dana desa di Provinsi Kalimantan Utara serta untuk pemenuhan kebutuhan uang rupiah menjelang liburan sekolah dan perayaan hari besar Natal dan Tahun Baru.

“Secara tahunan, pada tahun 2019 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltara tercatat mengalami net-outflow sebesar Rp1.831,50 miliar. Aliran uang tersebut tersebut sedikit di atas tahun 2018 yang tercatat mengalami net-outflow sebesar Rp1.711,48 miliar,” ucap Yufrizal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper