Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Siap Jadi Tuan Rumah Gelaran Organization of Islamic Cooperation

Gelaran internasional ini rencananya digelar 9 hingga 16 Juli 2023 di tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan dan Samarinda.
Ilustrasi kantor pemerintahan Kalimantan Timur.
Ilustrasi kantor pemerintahan Kalimantan Timur.

Bisnis.com, BALIKPAPAN —  Pemerintah Provinsi Kaltim menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Organization of Islamic Cooperation (OIC) pada pertengahan 2023.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menyatakan event internasional ini rencananya digelar pada 9 hingga 16 Juli 2023 di tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan dan Samarinda.

“Jadi, kita siap menerima peserta dari negara anggota OIC dengan senang dan bangga,” ujarnya dikutip, Jumat (20/1/2023).

Dia menambahkan, rencananya acara tersebut akan dihadiri 56 negara, seperti, Uni Emirat Arab (UEA), Maroko, Mesir dan Turki.

Dia melanjutkan, dalam pelaksanaan itu akan turut mengundang UMKM dan pelaku ekonomi syariah di Kaltim, sehingga meningkatkan wawasan seluruh peserta.

“Terutama peserta akan mengetahui bagaimana pertumbuhan ekonomi masyarakat Kaltim,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltim Ricky P Gozali  menyebutkan koperasi syariah yang dinaungi oleh Mompreneurs turut membantu Bank Indonesia membina 180 UMKM subsisten dalam 3 tahun terakhir.

“Melalui koperasi, UMKM subsistent mendapatkan pengembangan akses pemasaran secara offline dengan target pasar seperti instansi, café, restoran dan perhotelan serta pameran dan event strategis pemerintah daerah,” katanya.

Selain itu, dia menyebutkan penyaluran dana bergulir berbasis sistem syariah mampu melepaskan UMKM dari jerat rentenir.

Berdasarkan data KPwBI Kaltim, ada 62 UMKM yang telah mengakses pembiayaan melalui koperasi dengan total dana yang telah digulirkan mencapai Rp309,77 juta hingga Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper