Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Siap Kembangkan Sentra-sentra Pertanian dan Hortikultura

Pemprov Kaltim berkomitmen untuk mengembangkan sentra-sentra pertanian dan hortikultura di daerah, guna mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berkomitmen untuk mengembangkan sentra-sentra pertanian dan hortikultura di daerah, guna mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan.

Penjabat (Pj.) Gubernur Kaltim Akmal Malik menyatakan Kaltim memiliki lahan potensial untuk pengembangan kegiatan pertanian dalam arti luas, baik pertanian tanaman pangan, hortikultura, peternakan, kelautan dan perikanan.

Dia mengatakan bahwa Kaltim tidak perlu ketergantungan pada pasokan kebutuhan pangan dari luar daerah.

“Ke depan melalui dinas terkait, kita kembangkan sentra-sentra produksi pangan dan hortikultura dengan melakukan kolaborasi pemerintah kabupaten dan kota, seperti Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Kartanegara serta daerah lainnya di Kaltim,” ujarnya yang dikutip, Minggu (5/11/2023).

Dia menambahkan, setiap daerah memiliki potensi dan keunggulan yang berbeda, tinggal bagaimana potensi itu fokus untuk dikembangkan dengan dukungan kebijakan para kepala daerah.

“Kita harap para kepala daerah, bupati maupun wali kota memiliki komitmen pengembangan pertanian dalam arti luas di daerah masing-masing. Kebijakan daerah sangat penting guna mewujudkan kemandirian pangan kita,” pungkasnya.

Sebagai informasi, salah satu contoh daerah yang memiliki potensi besar dalam pengembangan pertanian adalah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Kabupaten ini memiliki luas lahan sawah mencapai 8.000 hektare, yang tersebar di 11 kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper