Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maha Vihara Sejahtera, Destinasi Wisata Baru di Samarinda

Jika Anda berkesempatan bertandang ke Samarinda, Kota Tepian Mahakam, maka Anda perlu menyambangi salah satu vihara dengan interior terbagus se-Asia Tenggara, yakni Maha Vihara Sejahtera Maitreya.

Bisnis.com, SAMARINDA -- Jika Anda berkesempatan bertandang ke Samarinda, Kota Tepian Mahakam, maka Anda perlu menyambangi salah satu vihara dengan interior terbagus se-Asia Tenggara, yakni Maha Vihara Sejahtera Maitreya.

Sugandha, salah seorang pihak sekretariat Maha Vihara Sejahtera Maitreya mengatakan vihara ini adalah Buddhis Centre di Kalimantan Timur.

Dengan luas lahan 1,3 hektare di Jalan D.I. Panjaitan satu jalur menuju  Kota Bontang dan Bandara APT Pranoto. Adapun luas bangunan ini ada 5 lantai seluas 15.300 hektare.

"Ini bangunannya mungkin bukan yang terbesar se-Asia Tenggara tapi terbagus desain interiornya di Asia Tenggara," kata Sugandha kepada Bisnis, Sabtu (11/5/2019).

Dia menjelaskan bahwa vihara ini sangat istimewa dan sudah menjadi salah satu lokasi wisata di Samarinda.

Adapun keistimewaan yang dihadirkan adalah seluruh bagian luar dan dalam vihara dilapisi keramik marmer. Selain itu ada 3 patung pratima Buddha setinggi 3,9 meter yang didatangkan dari Taiwan. 

Sugandha menyatakan marmer yang menjadi dinding vihara ini memang khusus didatangkan dari China. Sementara untuk ukiran Buddha Maitreya berasal dari batu ukir paras di Bali.

"Buddha Maitreya itu memang ajarannya dunia satu keluarga," sambung Sugandha.

Total pembiayaan untuk vihara ini sekitar Rp40 miliar. Sumber pendanaan diakui oleh Sugandha berasal dari umat Buddha dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Porsi terbesar dari umat. Pemprov mungkin hanya 5% sampai 10%. Lahan ini saja adalah lahan milik umat yang disumbangkan untuk pembangunan vihara," ujar Sugandhi. 

Dia menambahkan, tujuan pembangunan vihara dikarenakan jumlah umat Buddha di Kaltim semakin banyak.

Pembangunan vihara ini memakan waktu 8 tahun dari 2008 dan baru selesai hingga diresmikan pada 2016. Sebelumnya, umat Buddha mengandalkan vihara Thien Ie Kong yang berdiri sejak 1978 di Jalan Yos Sudarso, Karang Mumus.

Beberapa keunikan dari Maha Vihara Sejahtera Maitreya adalah memiliki restoran dan kafe vegetarian serta koperasi. Tujuannya untuk menjamin kebutuhan umat Buddha serta menjadi sumber pendanaan kegiatan keagamaan.

Sugandha menambahkan Maha Vihara Sejahtera Maitreya kerap ramai setiap Hari Raya Imlek, Cap Go Meh, dan Tri Suci Waisak.

Biasanya setiap September akan diadakan Moon Cake Festival. Beberapa kegiatan lain adalah bakti sosial dan bazaar makanan vegetarian bagi segenap masyarakat Kota Samarinda dan para traveler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper